Apa bedanya OS Leak sama OS Resmi?

Mungkin masih banyak yang masih bingung apa artinya OS Leak dan OS itu apa?
OS = Operating System sepertinya Windows XP / Vista di Operating System Komputer PC Desktop/Laptop
Di Blackberry juga ada Operating System / OS
dan selalu di update dengan versi terbaru seperti OS 5 versi xxx
Karena belakangan ini, ada major upgrade di OS Blackberry yaitu dari OS 4.6 ke OS 5 maka anda akan ketemu banyak informasi release OS 5 di dunia Blackberry

So, Apa itu OS LEAK?

Sebelum RIM update OS secara resmi ke pasar, kadang ada versi LEAK atau namanya BETA yaitu versi percobaan atau juga versi yang siap tapi telah bocor ke pasar sebelum di release secara resmi oleh Operator BIS. Karena upgrade OS 4.6 dan OS 5 lumayan banyak perbedaannya maka banyak yang berminat untuk upgrade walaupun OS itu masih LEAK.

Apakah OS Leak itu aman?

Tidak ada yang berani jamin OS Leak itu aman, karena belum tau versi Leak itu apakah yang sudah siap tapi bocor ke pasar atau memang masih dalam percobaan. Cuman Blackberry maniac yang suka kutak katik dengan BB nya pasti akan coba upgrade dan test hasilnya.

Sekarang ada beberapa OS 5 versi Resmi yang sudah di release. Kenapa cara upgrade masih seperti upgrade OS Leak dengan harus hapus file vendor.xml ?

Pada saat RIM luncurkan OS Blackberry untuk setiap handheld, mereka akan kerja sama testing OS nya dengan masing masing operator. Vendor.xml itu adalah file dengan isi informasi dari operator.
Walaupun OS terbaru sudah ada dipasar, belum tentu semua operator akan menyediakannya. Ini mungkin saja dari terms and conditions RIM bersama operator tertentu. Sepertinya setiap merek PC/Laptop di release dengan versi OS yang berbeda.
Contohnya, operator BIS / Blackberry Internet Service di Indonesia sampai sekarang masih belum luncurkan OS 5 untuk Javelin, Bold dll.. padahal operator seperti Bell Mobility secara resmi sudah luncurkan OS 5 untuk handheld tersebut.
Maka, jika anda ingin menggunakan OS terbaru tersebut, dan tidak bisa mennunggu OS yang di release oleh operator anda, anda harus hapuskan file vendor.xml yang ada di instal folder untuk bisa digunakan di Handheld operator lokal anda.

Comments (0)