10 Makanan Jepang Teraneh
Jepang terkenal dengan makanan khasnya yang enak. Contohnya saja sushi, sashimi, ramen, yakiniku, shabu-shabu, dan lainnya. Namun, ada beberapa makanan yang mungkin bagi kita terasa aneh, walaupun sebenarnya sushi dan sashimi juga sudah cukup aneh, yaitu makanan yang berupa ikan mentah. Inilah beberapa makanan aneh khas Jepang. Diliat yuk! Siapa tau kamu tertarik untuk mencobanya.


1. Shirako (Sperma Ikan)


Shirako adalah alat kelamin ikan jantan yang berisi cairan spermanya. Termasuk hidangan paling populer di Izakaya (pub Jepang) dan bar sushi.


2. Inago no Tsukudani (Belalang)


Inago no Tsukudani adalah  masakan tradisional Jepang berbahan dasar serangga yang populer di pedalaman masyarakat Desa Yamagata, Nagano, dan Prefektur Gunma.
"Inago" adalah Jepang untuk "belalang". Rebus belalang dengan "tsukudani", sebuah kecap manis yang direbus dengan mirin.


3. Basashi (Daging Kuda Mentah)


Disebut juga  "sakura" atau "sakuraniku" karena daging kuda mentah berwarna pink. "Sakura" berarti bunga sakura, "niku" berarti daging. Makanan ini sangat terkenal di Prefektur Kumamoto, Nagano dan Oita, dan juga di wilayah Tohoku juga.


4. Natto (Kacang Kedelai Fermentasi)



Natto adalah kacang kedelai yang difermentasi dengan bakteri Bacillus subtilis, kata protein dan prebiotik, memiliki bau yang kuat, lengket seperti sarang laba-laba. dan biasanya disajikan sebagai makanan untuk sarapan di Jepang.


5. Fugu (Ikan Buntal)


Fugu adalah kata dalam bahasa Jepang yang berarti ikan buntal. Hidangan ini sangat enak, tetapi kamu harus siap-siap kehilangan nyawa ketika memakannya. Hal ini dikarenakan kulit dan organ ikan buntal beracun, sehingga dibutuhkan keahlian khusus untuk mengolahnya agar tidak beracun.


6. Hachinoko (Larva Lebah)


Hachinoko adalah makanan yang merupakan campuran antara larva lebah dengan lebah yang masih muda. Hachinoko salah satu makanan favorit Kaisar Jepang Hirohito, dibumbui dengan gula dan kecap jepang.

 

7. Zazamushi (Serangga Air) 


Produk lain tersedia secara luas di Jepang adalah zazamushi, yaitu serangga air yang hidup di bebatuan di sungai. Zazamushi bukan merupaka sejenih serangga tunggal, tetapi merupakan sebutan untuk semua jenis larva serangga yang hidup di bawah sungai. Nama "zazamushi" berarti serangga (mushi) yang hidup di tempat dimana sungai mengalir (menimbulkan suara "zaazaa").


8. Kujira dan Iruca (Daging Ikan Paus dan Lumba-Lumba)


Kujira

Iruca
Daging ikan paus dan lumba-lumba digunakan di berbagai jenis masakan, misalnya saja ada menu yang menjual burger daging ikan paus, sushi, sashimi, dan lain sebagainya.

 
9. Shiokara (Seafood Fermentasi) 


Shiokara merupakan segala jenis hasil laut yang difermentasi sehingga menghasilkan rasa yang asin.

 
10. Shirouo no Odorigui (Ikan Shirouo) 


Shirouo adalah salah satu jenis ikan, berwarna transparan, sangat kecil. Ikan ini dimakan hidup-hidup, sehingga menimbulkan sensasi mereka seperti menari di mulut ketika sedang dimakan (odorigui).

Comments (1)

On 4:20 PM, August 01, 2015 , juli ajja said...

Iyuuu ..